Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja

Apsari, Fitri and , Dr. Yadi Purwanto, M.M., M.B.A. and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penanganan perilaku bullying membutuhkan banyak waktu dan pengawasan sehingga pada beberapa kasus perlu ditangani dengan cara multidisiplin. Disiplin merupakan aspek dari hubungan orang tua dan anak, maupun hubungan guru dan anak didik. Workshop Nasional Anti-bullying diungkapkan bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi pelaku bullying adalah harga diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja”. Subjek penelitian ini berjumlah 81 siswa MTSn Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah anava satu jalur sedangkan untuk mengetahui dinamika antar variabel menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,581, Fregresi = 25,119; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Artinya variabel harga diri dan disiplin sekolah dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan perilaku bullying.Perilaku bullying pada remaja di sekolah lebih banyak didominasi oleh siswa laki-laki dibandingkan perempuan. Subjek laki-laki yang terlibat perilaku bullying sebanyak 30,30% lebih tinggi dibandingkan subjek perempuan sebanyak 24,97% lebih rendah. Perilaku bullying yang sering terjadi disekolah tersebut sesuai dengan kategorisasi yaitu perilaku bullying verbal 34,6 dan cyber 24,69%, sosial 22,2% dan yang terakhir ada perilaku bullying fisik 18,5%.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, ada hubungan yang sangat signifikan yaitu hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Perilaku bullying pada laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Harga diri, disiplin sekolah dan perilaku bullying
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 08:41
Last Modified: 23 Oct 2021 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26316

Actions (login required)

View Item View Item