Apsari, Fitri and , Dr. Yadi Purwanto, M.M., M.B.A. and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penanganan perilaku bullying membutuhkan banyak waktu dan pengawasan sehingga pada beberapa kasus perlu ditangani dengan cara multidisiplin. Disiplin merupakan aspek dari hubungan orang tua dan anak, maupun hubungan guru dan anak didik. Workshop Nasional Anti-bullying diungkapkan bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi pelaku bullying adalah harga diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja”. Subjek penelitian ini berjumlah 81 siswa MTSn Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah anava satu jalur sedangkan untuk mengetahui dinamika antar variabel menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,581, Fregresi = 25,119; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Artinya variabel harga diri dan disiplin sekolah dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan perilaku bullying.Perilaku bullying pada remaja di sekolah lebih banyak didominasi oleh siswa laki-laki dibandingkan perempuan. Subjek laki-laki yang terlibat perilaku bullying sebanyak 30,30% lebih tinggi dibandingkan subjek perempuan sebanyak 24,97% lebih rendah. Perilaku bullying yang sering terjadi disekolah tersebut sesuai dengan kategorisasi yaitu perilaku bullying verbal 34,6 dan cyber 24,69%, sosial 22,2% dan yang terakhir ada perilaku bullying fisik 18,5%.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, ada hubungan yang sangat signifikan yaitu hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Perilaku bullying pada laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga diri, disiplin sekolah dan perilaku bullying |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 08:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26316 |
Actions (login required)
View Item |