Muntiningrum, Beti and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Palupi, M.A (2013) Remaja Perempuan Ideal dalam Rubrik Fashion di Majalah (Studi Persepsi Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta mengenai Remaja Perempuan Ideal di Rubrik Fashion Majalah Remaja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi_ilmiah.pdf Download (419kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (501kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (261kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mahasiswi yang sebagian besar masih berusia remaja, sangat rentan terhadap tampilan mengenai remaja perempuan ideal. Setidaknya mahasiswi mengeluarkan uang saku mereka untuk membuat penampilan mereka terlihat ideal (kriteria kulit putih, memilki rambut panjang berkilau, memiliki tubuh langsing). Salah satu media yang tanggap akan perubahan fashion adalah majalah khususnya pada rubrik fashion. Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berideologi islami, membuat para mahasiswi diwajibkan untuk memakai busana muslim yang menutup aurat saat perkuliahan berlangsung maupun saat berada di kawasan kampus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan studi persepsi dan pengambilan kesimpulan diambil melalui analisis Spearman Rho. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah 25.802 orang. Adapun sampelnya dihitung dengan menggunakan Purposive Sampling sehingga mendapatkan sampel sebanyak 55 orang. Hasil penelitian dengan analisis Spearman Rho menunjukkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara persepsi dengan rubrik fashion jika uang saku dibuat tetap. Artinya, persepsi mahasiswa dapat berubah–ubah seiring dengan uang saku dan perkembangan fashion yang membuat rubrik fashion menyesuaikan trend yang sedang berkembang. Semakin positif persepsi perempuan dari mahasiswi, rubrik fashion semakin positif pula dalam menampilkan perempuan ideal. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung< ttabel, yaitu 0,278 < 1,675pada taraf signifikan 5% (p<0,05).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Remaja Perempuan Ideal, Majalah, Rubrik Fashion, Uang Saku |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 11:39 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25980 |
Actions (login required)
View Item |