Rusmi, Dwi Candra and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag (2013) Efektivitas Metode Drill Dalam Keberhasilan Membaca Al-Qur’an(Studi Siswa Kelas X.I Sma Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (342kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (597kB) |
Abstract
Metode drill merupakan metode konvensional yang masih digunakan dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan efektivitas metode drill terhadap keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah keberhasilan membaca al-Qur’an, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti merupakan pelaku tindakan. Sebagai subyek adalah guru dan siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang mempunyai 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode drill dapat meningkatkan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Peningkatan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa ditunjukkan dengan adanya siswa memiliki nilai rata-rata 68,63 pada pra siklus, siklus I memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 73,01, siklus II memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 77,42, sedangkan pada siklus III, memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 80,58. Dengan demikian, metode drill masih efektif untuk pembelajaran al-Qur’an.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Keberhasilan, Membaca al-Qur’an. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 10:12 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25970 |
Actions (login required)
View Item |