Efektivitas Metode Drill Dalam Keberhasilan Membaca Al-Qur’an(Studi Siswa Kelas X.I Sma Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Rusmi, Dwi Candra and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag (2013) Efektivitas Metode Drill Dalam Keberhasilan Membaca Al-Qur’an(Studi Siswa Kelas X.I Sma Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (342kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (597kB)

Abstract

Metode drill merupakan metode konvensional yang masih digunakan dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan efektivitas metode drill terhadap keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah keberhasilan membaca al-Qur’an, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti merupakan pelaku tindakan. Sebagai subyek adalah guru dan siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang mempunyai 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode drill dapat meningkatkan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Peningkatan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa ditunjukkan dengan adanya siswa memiliki nilai rata-rata 68,63 pada pra siklus, siklus I memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 73,01, siklus II memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 77,42, sedangkan pada siklus III, memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 80,58. Dengan demikian, metode drill masih efektif untuk pembelajaran al-Qur’an.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Keberhasilan, Membaca al-Qur’an.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 10:12
Last Modified: 29 Oct 2021 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item