Rahayu, Binarni and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ahmad Fathoni M.Pd (2013) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
11_Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
01_halaman_depan.pdf Download (928kB) |
|
|
PDF (BAB I)
02_Bab_1.pdf Download (288kB) |
|
PDF (BAB II)
03_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
PDF (BAB III)
04_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
PDF (BAB IV)
05_Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
|
PDF (BAB V)
06_Bab_5.pdf Download (327kB) |
|
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_Daftar_Pustaka.pdf Download (313kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (106MB) |
Abstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang : 1) Indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 2) Materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 3) Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter pada dasarnya merupakan suatu bentuk prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi yang mengintegrasikan nilai-nilkai moral dilaksanakan oleh setiap guru; 2) Materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter terintegrasi pada semua mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan dilaksanakan dalam pembelajaran serta penanaman nilai-nilai sebagai sebuah karakteristik seseorang sudah berlangsung lebih awal dari kebijakan pemerintah diberlakukan; 3) Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di antaranya mencantumkan identitas sekolah, menetapkan alokasi waktu, menuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, menentukan materi pembelajaran, metode/ media dan alat pembelajaran, dan menyusun instrumen penilaian. Dari simpulan tersebut, peneliti menawarkan program pengabangan sebagai berikut : 1) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam menyusun indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 2) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam mengembangkan materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter ; dan 3) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam mengembangkan langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, rencana pelaksanaan pembelajaran, karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 05:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25672 |
Actions (login required)
View Item |