Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Boyolali

Rahayu, Binarni and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ahmad Fathoni M.Pd (2013) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
11_Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
01_halaman_depan.pdf

Download (928kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
02_Bab_1.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (BAB II)
03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (BAB III)
04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (BAB IV)
05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (BAB V)
06_Bab_5.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang : 1) Indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 2) Materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 3) Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter pada dasarnya merupakan suatu bentuk prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi yang mengintegrasikan nilai-nilkai moral dilaksanakan oleh setiap guru; 2) Materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter terintegrasi pada semua mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan dilaksanakan dalam pembelajaran serta penanaman nilai-nilai sebagai sebuah karakteristik seseorang sudah berlangsung lebih awal dari kebijakan pemerintah diberlakukan; 3) Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di antaranya mencantumkan identitas sekolah, menetapkan alokasi waktu, menuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, menentukan materi pembelajaran, metode/ media dan alat pembelajaran, dan menyusun instrumen penilaian. Dari simpulan tersebut, peneliti menawarkan program pengabangan sebagai berikut : 1) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam menyusun indikator dan tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter; 2) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam mengembangkan materi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter ; dan 3) Mengoptimalkan kemampuan guru dalam mengembangkan langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, rencana pelaksanaan pembelajaran, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 05:13
Last Modified: 20 Oct 2021 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item