El Kaifa, Kun and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.Muindinillah Basri, M.A (2013) Pola Pendidikan Islam Sistem Boarding School Di SMP-SMA Sragen Bilingual Boarding School Gemolong Sragen Tahun 2012/ 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (787kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (529kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri Sragen Bilingual Boarding School (SBBS) tahun 2012/ 2013, 2) kelebihan dan keunggulan pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS dengan sekolah lainnya, 3) faktor pendukung dan penghambat pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan berorientasi pada kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui hasil wawancara dengan beberapa sumber yang relevan, observasi sesuai dengan judul penelitian dan dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS tahun 2012/ 2013 adalah bentuk aktualisasi pengamalan ajaran Islam yang diterapkan melalui kegiatan-kegiatan keseharian, mingguan maupun tahunan di sekolah untuk mengatasi permasalahan dekadensi moral bangsa dan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. 2) Kelebihan SMP SMA Negeri SBBS dengan sekolah reguler lainnya dari segi akademik siswanya berprestasi dan dalam hal religiusitas tidak ketinggalan. Jika dibandingkan dengan sekolah yang bekerjasama dengan Pasiad lainnya, adalah dalam hal prestasi. Dan jika dibandingkan dengan Islamic boarding school dalam kesehariannya tidak mempelajari ilmu pendidikan Islam secara langsung, namun ibadah-ibadah harian diamalkan dan dikerjakan secara berjamaah, terpantau dan terprogram. 3) Faktor pendukung: rekrutmen siswa; Sumber Daya Manusia; terpisahnya ruang guru laki-laki dan perempuan; sarana dan prasarana; kurikulum; konseling; adanya rapor sebagai evaluasi; evaluasi; outcomes dan outcomes Faktor penghambat: kesulitan dalam membangun potensi Islam yang sama kuat karena perbedaan karakter dan potensi siswa; ketua kegiatan yang monoton; Pasiad kurang memperhatikan masalah administrasi; kurangnya kedisiplinan waktu dalam pelaksanaan sholat; kurangnya pengawasan dari pembina asrama; semua siswa belum dapat melaksanakannya ibadah-ibadah sunnah secara keseluruhan; terbatasnya mushola dan tempat wudhu; masih adanya guru muslimah ke sekolah dengan berpakaian kurang sesuai dengan syari’ah Islam; dan Sumber Daya Manusia
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola pendidikan Islam, boarding school |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2013 05:54 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25642 |
Actions (login required)
View Item |