Pola Pendidikan Islam Sistem Boarding School Di SMP-SMA Sragen Bilingual Boarding School Gemolong Sragen Tahun 2012/ 2013

El Kaifa, Kun and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.Muindinillah Basri, M.A (2013) Pola Pendidikan Islam Sistem Boarding School Di SMP-SMA Sragen Bilingual Boarding School Gemolong Sragen Tahun 2012/ 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (529kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri Sragen Bilingual Boarding School (SBBS) tahun 2012/ 2013, 2) kelebihan dan keunggulan pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS dengan sekolah lainnya, 3) faktor pendukung dan penghambat pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan berorientasi pada kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui hasil wawancara dengan beberapa sumber yang relevan, observasi sesuai dengan judul penelitian dan dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola pendidikan Islam sistem boarding school di SMP SMA Negeri SBBS tahun 2012/ 2013 adalah bentuk aktualisasi pengamalan ajaran Islam yang diterapkan melalui kegiatan-kegiatan keseharian, mingguan maupun tahunan di sekolah untuk mengatasi permasalahan dekadensi moral bangsa dan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. 2) Kelebihan SMP SMA Negeri SBBS dengan sekolah reguler lainnya dari segi akademik siswanya berprestasi dan dalam hal religiusitas tidak ketinggalan. Jika dibandingkan dengan sekolah yang bekerjasama dengan Pasiad lainnya, adalah dalam hal prestasi. Dan jika dibandingkan dengan Islamic boarding school dalam kesehariannya tidak mempelajari ilmu pendidikan Islam secara langsung, namun ibadah-ibadah harian diamalkan dan dikerjakan secara berjamaah, terpantau dan terprogram. 3) Faktor pendukung: rekrutmen siswa; Sumber Daya Manusia; terpisahnya ruang guru laki-laki dan perempuan; sarana dan prasarana; kurikulum; konseling; adanya rapor sebagai evaluasi; evaluasi; outcomes dan outcomes Faktor penghambat: kesulitan dalam membangun potensi Islam yang sama kuat karena perbedaan karakter dan potensi siswa; ketua kegiatan yang monoton; Pasiad kurang memperhatikan masalah administrasi; kurangnya kedisiplinan waktu dalam pelaksanaan sholat; kurangnya pengawasan dari pembina asrama; semua siswa belum dapat melaksanakannya ibadah-ibadah sunnah secara keseluruhan; terbatasnya mushola dan tempat wudhu; masih adanya guru muslimah ke sekolah dengan berpakaian kurang sesuai dengan syari’ah Islam; dan Sumber Daya Manusia

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pola pendidikan Islam, boarding school
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 05:54
Last Modified: 25 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25642

Actions (login required)

View Item View Item