Mutmainah, Siti and , Drs. Sutan Sahrir Zabda, M.H (2013) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II Sdn Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (262kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Secara umum meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. (2) Secara khusus untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS melalui metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Ketapang Susukan Semarang yang berjumlah 26 anak terdiri dari 10 siswa putri dan 16 siswa putra. Data yang diperoleh selama penelitian berlangsung akan dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan metode picture and picture meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS kelas IV di SDN Ketapang 01. Dilihat dari nilai rata-rata kelas dari kondisi awal/prasiklus, siklus I, dan siklus II adalah mengalami peningkatan. Pada kondisi awal rata-rata kelas adalah 63,46 meningkat menjadi 68,46 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 71,88. Kemudian, ketercapaian ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada kondisi awal adalah 15 siswa (57,69%), meningkat menjadi 22 siswa (84,62%) pada siklus I, dan menjadi 24 siswa (92,31%) pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Picture and Picture, keaktifan siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 06:14 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25469 |
Actions (login required)
View Item |