Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Sukolilo 04 Tahun Pelajaran 2012/2013

Suharni, Endang and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Sukolilo 04 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar bahasa Indonesia melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sukolilo 04 yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 61% atau 11 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 89% atau 16 siswa yang aktif. Dilihat dari hasil prosentase kreativitas belajar siswa, peningkatan prosentase kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 28%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II SD Negeri Sukolilo 04 tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar siswa, metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Sep 2013 12:00
Last Modified: 26 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item