Prihatini, Anik and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Penerapan Metode Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mojoagung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf Download (373kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (504kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (BAB IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui penerapan metode Lightening The Learning Climate pada siswa Kelas IV semester II SD Negeri 3 Mojoagung tahun ajaran 2012/2013 meneliti tentang Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mojoagung yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan metode Lightening The Learning Climate. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah meningkatnya motivasi belajar dalam pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Mojoagung menggunakan metode Lightening The Learning Climate sebesar > 85 dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru dalam penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate pada siklus I untuk aktivitas guru mencapai skor 40 (61.54%) dengan kategori aktif sementara pada siklus II mencapai peningkatan skor sebesar 60 (92.31%) dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas guru dari siklus I sampai pada siklus II sebesar 30.77%. 2) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I mencapai skor 18.43 (57.60%), pada siklus II skor meningkat menjadi 28.07 (87.71%). Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I sampai pada siklus II sebesar 30.10%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Lightening The Learning Climate untuk meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Mojoagung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Metode Lightening The Learning Climate, PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 10:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25436 |
Actions (login required)
View Item |