Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Dalam Mengidentifikasi Sumber Energi Dan Kegunaannya Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas III Semester II SD Negeri 2 Rawoh Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2012/2013

Rif'atin, Luluk and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Dalam Mengidentifikasi Sumber Energi Dan Kegunaannya Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas III Semester II SD Negeri 2 Rawoh Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran metode STAD di kelas III SD Negeri 2 Rawoh. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa III SD Negeri 2 Rawoh yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Prosedur dalam penelitian ini terdapa tempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan metode STAD. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan aktivitas belajar siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya melalui metode STAD pada siswa kelas III semester II SDN 2 Rawoh Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD telah mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya hingga sebanyak 25% siswa aktif dan 75% siswa sangat aktif.. Aktivitas guru dalam menerapkan metode STAD meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I aktivitas guru mencapai 58.33%, pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 87.50%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelastersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga penerapan strategi STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya” terbukti dan dapat diterima kebenarannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, Metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:36
Last Modified: 26 Oct 2021 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25434

Actions (login required)

View Item View Item