Hartanto, Miadi and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Ketrampilan Operasi Hitung Bilangan Campuran Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri III Gundih Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (432kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Latar belakang masalah yang diteliti peningkatan operasi hitung bilangan campuran adalah merupakan serangkaian kegiatan terencana yang melibatkan siswa sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif, aktif, kreatif, da menyenangkan serta memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan konsepsendiri. Salah satu teknik untuk mewujudkan kondisi tersebut, yakni dengan menggunakan pendekatan kooperatif. Setelah melaksanakan pengamatan pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam kelas, didapat refleksi sebagai berikut Pada saat kegiatan perbaikan pembelajaran guru menjelasakan materi pembelajaran tentang ketrampilan operasi hitung bilangan campuran, guru merasa bahwa siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dari 27 siswa yang peningkatan motivasinya ≥80% hanya 4 siswa sedangkan 23 siswa yang lain dibawah ≤80% (belum tuntas). Terkait dengan uraian di atas, penelitian bertujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran peningkatan operasi hitung bilangan campuran melalui pendekatan kooperatif pada siswa kelas 3 SD Negeri 3 Gundih kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2012/2013.Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapatkan temuan hasil penelitian sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan; (2) kemampuan guru dalam pengelolaan kelas menjadikan anak senang dan antusias; (3) respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, terbukti siswa senang mengikuti kegiatan pembelajaran (96,%) dan ingin mengikuti pembelajaran selanjutnya (100%); (4) hasil belajar siswa terhadap penerapan kooperatif mengalami peningkatan. Kesimpulan dari peneliti bahwa dengan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran peningkatan operasi hitung bilangan campuran dapat meningkatkan ketrampilan operasi hitung bilangan campuran pada siswa kelas 3 SD Negeri III Gundih
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Peningkatan Operasi Hitung, Ketrampilan, Kreativitas, Bilangan Campuran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 06:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25396 |
Actions (login required)
View Item |