Supadmi, Supadmi and , Dra.Hj.Surtikanti,SH, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penggunaan Media Lotto Angka Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (729kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI1.pdf Download (595kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan melalui penggunaan media lotto angka pada anak kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan yang terdiri atas 2siklus. Masing-masing siklus memiliki 4 tahapan:perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Rata-rata hasil observasi pada tiap siklus yakni pada pra siklus 41,63%, siklus I 60,87% dan siklus II 83,37%. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Pulosari. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian.Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai ketuntasan sesuai dengan indikator kinerja yaitu 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Berdasarkan tindakan yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan kemampuan mengenal bilangan melalui penggunaan media lotto angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak dan dapat diberikan saran: 1) bagi guru untuk menggunakan media Lotto Angka yang disertai dengan kompetisi 2) Bagi sekolah menjadi tempat untuk proses pembelajaran.3) Bagi peneliti lain untuk mengembangkan lebih lanjut aspek perkembangan lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif dan Media Lotto Angka Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 07:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25347 |
Actions (login required)
View Item |