Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penggunaan Media Lotto Angka Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/2013

Supadmi, Supadmi and , Dra.Hj.Surtikanti,SH, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penggunaan Media Lotto Angka Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI1.pdf

Download (595kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan melalui penggunaan media lotto angka pada anak kelompok B TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan yang terdiri atas 2siklus. Masing-masing siklus memiliki 4 tahapan:perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Rata-rata hasil observasi pada tiap siklus yakni pada pra siklus 41,63%, siklus I 60,87% dan siklus II 83,37%. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Pulosari. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian.Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai ketuntasan sesuai dengan indikator kinerja yaitu 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Berdasarkan tindakan yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan kemampuan mengenal bilangan melalui penggunaan media lotto angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak dan dapat diberikan saran: 1) bagi guru untuk menggunakan media Lotto Angka yang disertai dengan kompetisi 2) Bagi sekolah menjadi tempat untuk proses pembelajaran.3) Bagi peneliti lain untuk mengembangkan lebih lanjut aspek perkembangan lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif dan Media Lotto Angka Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 07:45
Last Modified: 01 Nov 2021 03:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item