Penanganan Masalah Kognitif Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Kartu Gambar Di PAUD Saymara Tahun 2012/2013

Febriatmika, Yufi Bety and , Dra. Surtikanti, M.Pd (2013) Penanganan Masalah Kognitif Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Kartu Gambar Di PAUD Saymara Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (973kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kartu gambar dalam menangani masalah kognitif pada anak autis. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan (field research), yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus tunggal terperancang yaitu penanganan masalah kognitif anak autis melalui kartu gambar. Penelitian dilaksanakan di PAUD Saymara. Lembaga ini beralamat Jln. Indronoto Km. 1 RT. 02/03 Mangkuyudan, Kel. Ngabeyan Kec. Kartasuro Kab. Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah anak autis yang bersekolah di PAUD Saymara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Triangulasi data juga dilakukan terhadap sumber hasil observasi, hasil dokumentasi, dan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu gambar efektif dalam menanganani masalah-masalah kognitif pada anak autis. Hasil observasi terhadap kemampuan kognitif terhadap subyek penelitian diperoleh persentase yang mencapai 90,9%. Nilai tersebut tergolong tinggi atau lebih dari 75% indikator kemampuan kognitif dapat dilakukan oleh subyek. Hal ini berarti kartu gambar yang digunakan dalam terapi terhadap masalah-masalah kognitif pada anak autis dapat mengatasi kendala komunikasi yang dimiliki anak autis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu Gambar, Masalah Kognitif, Autis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:05
Last Modified: 25 Oct 2021 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25327

Actions (login required)

View Item View Item