Febriatmika, Yufi Bety and , Dra. Surtikanti, M.Pd (2013) Penanganan Masalah Kognitif Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Kartu Gambar Di PAUD Saymara Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (973kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kartu gambar dalam menangani masalah kognitif pada anak autis. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan (field research), yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus tunggal terperancang yaitu penanganan masalah kognitif anak autis melalui kartu gambar. Penelitian dilaksanakan di PAUD Saymara. Lembaga ini beralamat Jln. Indronoto Km. 1 RT. 02/03 Mangkuyudan, Kel. Ngabeyan Kec. Kartasuro Kab. Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah anak autis yang bersekolah di PAUD Saymara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Triangulasi data juga dilakukan terhadap sumber hasil observasi, hasil dokumentasi, dan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu gambar efektif dalam menanganani masalah-masalah kognitif pada anak autis. Hasil observasi terhadap kemampuan kognitif terhadap subyek penelitian diperoleh persentase yang mencapai 90,9%. Nilai tersebut tergolong tinggi atau lebih dari 75% indikator kemampuan kognitif dapat dilakukan oleh subyek. Hal ini berarti kartu gambar yang digunakan dalam terapi terhadap masalah-masalah kognitif pada anak autis dapat mengatasi kendala komunikasi yang dimiliki anak autis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Gambar, Masalah Kognitif, Autis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 07:05 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25327 |
Actions (login required)
View Item |