Undayani, Undayani and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Bermain Kelompok Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Ngolodono I Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Dafta Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (330kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa melalui bermain kelompok B TK Pertiwi ngolodono I Karangdowo, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Ngolodono I Karangdono, Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan bahasa dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam membaca permulaan dikumpulkam dengan bermain kelompok. Kesimpulan hsil penelitian ini adalah bahwa penggunaan bermain kelompok dapat mengembangkan kemampuam bahasa di kelompok B TK Pertiwi Ngolodono I Karangdowo Klaten. Adapun langkah-lanhkah penggunaan bermain kelompok yang berhasil sebagai berikut ; (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (C) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) menkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menunjukkan tempat yang ditunjukkan oleh guru (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu. Penelitian tindakan kelas dari siklus I 33,90%, siklus II 51,75% dan siklus III mencapai 82,73%. Jadi hipotesis tindakan terbukti kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan bahasa , bermain kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 08:09 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25303 |
Actions (login required)
View Item |