Parlina, Parlina and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Pengembangan Kemampuan Berempati Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK PGRI Pandeyan Semester II Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (538kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (476kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan berempati melalui bermain peran pada anak kelompok B TK PGRI Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B TK PGRI Pandeyan yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersift kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis dengan teknik komparatif/perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berempati anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan berempati anak meningkat dari prasiklus 41,6% menjadi 60,27% pada siklus I. Pada siklus II kemampuan anak berkembang menjadi 72% dan pada siklus III meningkat hingga mencapai 85,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan berempati anak
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berempati, Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 09:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 23:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25286 |
Actions (login required)
View Item |