Pengembangan Kemampuan Berempati Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK PGRI Pandeyan Semester II Tahun 2012/2013

Parlina, Parlina and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Pengembangan Kemampuan Berempati Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK PGRI Pandeyan Semester II Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan berempati melalui bermain peran pada anak kelompok B TK PGRI Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B TK PGRI Pandeyan yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersift kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis dengan teknik komparatif/perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berempati anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan berempati anak meningkat dari prasiklus 41,6% menjadi 60,27% pada siklus I. Pada siklus II kemampuan anak berkembang menjadi 72% dan pada siklus III meningkat hingga mencapai 85,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan berempati anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berempati, Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 09:24
Last Modified: 29 Oct 2021 23:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item