Fitriasari, Agustine Nella and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Buatan Guru Dengan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 1 Kemudo Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (187kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (637kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD N 1 Kemudo Prambanan tahun pelajaran 2012/2013 melalui pemanfaatan alat peraga buatan guru. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N I Kemudo yang berjumlah 24 siswa dengan jumlah anak laki-laki ada 15 siswa dan jumlah anak perempuan ada 9. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,catatan lapangan,dokumentasi dan tes. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik komparatif.Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga buatan guru dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N I Kemudo pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN I Kemudo melalui pemanfaatan alat peraga buatan guru menggunakan metode demonstrasi pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dilihat dari indicator:(1). kesiapan anak dalam mengikuti pembelajaran: sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33%, setelah dilakukan tindakan sebesar 50%,(2). berani bertanya kepada guru: sebelum dilakukan tindakan sebesar 20,8%,setelah dilakukan tindakan sebesar 41,67%,(3). berani menjawab pertanyaan dari guru: sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,5%,setelah dilakukan tindakan sebesar 50%, hasil belajar diatas KKM 65 sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,5%,setelah dilakukan tindakan sebesar 87,5%. Kesimpulan penelitian ini,pembelajaran IPA melalui pemanfaatan alat peraga buatan guru dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN I Kemudo pada materi cahaya dan sifat-sifatnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi ,hasil belajar,alat peraga buatan guru,demonstrasi,IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 07:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 13:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25279 |
Actions (login required)
View Item |