Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Metode Inquiry Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 1 Bowan, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Wulandari, Kristina Sri and , Dra. Risminawati, M. Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Metode Inquiry Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 1 Bowan, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)Meningkatkan motivasi belajar ilmu pengetahuan social bagi siswa kelas IV SD N 1 Bowan Delanggu Klaten, 2)Meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan social melalui penerapan metode inquiry pada siswa kelas IV SD N 1 Bowan Delanggu Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Bowan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data,display dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar ilmu pengetahuan social pada siswa kelas IV SD N 1 Bowan melalui penggunaan metode inquiry.Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indicator pencapaian motivasi belajar siswa.Aspek motivasi mendengarkan penjelasan guru dari pra siklus (46,15%), siklus I (53,84%), siklus II (76,92%), siklus III (84,6%). Aspek mengajukan pertanyaan dari prasiklus (15,38%),siklus I (61,53%),siklus II(84,61%) ,siklus III(92,3%).Aspek menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau siswa lain dari prasiklus (30,76%), siklus I (69,23%).siklus II (92,30%),siklus III(92,30%). Aspek mengemukakan ide atau gagasan dari prasiklus (23,07%),siklus I (61,53%), siklus II (84,61%), siklus III(84,61%). Aspek menyelesaikan tugas atau soal dari prasiklus (38,46%), siklus I (46,15%), siklus II (76,92%), siklus III (100%). Selain motivasi belajar,hasil belajar juga meningkat dari prasiklus sebesar (30,07%) kemudian meningkat pada siklus I (69,23%). Karena belum memenuhi target maka diadakan siklus II (92,3%). Hasil nilai pada siklus III (93,84%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Bowan, Delanggu, Klaten.”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi,inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 08:48
Last Modified: 25 Oct 2021 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item View Item