Suramta, Suramta and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Motivasi Dalam Pembelajaran PKn Melalui Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas VI SD IT Hidayah Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (277kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penggunaan metode Quantum Learning untuk meningkatkan motivasi belajar PKn bagi siswa SD IT Hidayah Klaten tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD IT Hidayah Klaten yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data digunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis komperatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi tiap siklusnya yaitu membandingkan hasil belajar sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi dan hasil belajar PKn meliputi: 1) menunjukkan tekun belajar sebelum tindakan 66,66%, siklus I 95,23%, siklus II 100%, 2) menunjukkan tidak putus asa sebelum tindakan 61,90%, siklus I 80,95%, siklus II 95,23%, 3) menunjukkan minat sebelum tindakan 42,85%, siklus I 71,42%, siklus II 100%, 4) menunjukkan belajar mandiri sebelum tindakan 52,38%, siklus I 71,42%, siklus II 100%, 5) tidak cepat bosan sebelum tindakan 28,57%, siklus I 78,19%, Siklus II 95,23%, 6) berpendapat sebelum tindakan 52,38%, siklus I 76,19%, siklus II 90,47%, 7) Menunjukkan inovatif sebelum tindakan 38,09%, siklus I 47,61%, siklus II 80,95%. peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prosentase keberhasilan siswa pada setiap siklusnya yang mencapai KKM (> 70). Hasil belajar sebelum tindakan 76,19% (16 siswa), siklus I 85,75% (18 siswa), siklus II 95,23% (20 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa SD IT Hidayah Klaten tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Quantum Learning, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 07:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25255 |
Actions (login required)
View Item |