Setiyawan, Riza Beny and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.halaman_depan.pdf Download (528kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.Daftar_pustaka.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9.Naskah_Publikasi.pdf Download (214kB) |
Abstract
Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran True or False pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sine yang berjumlah 18 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Objek pelaksanaan tindakan adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan strategi True or False. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif, dengan menggunakan metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya sebuah penigkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran True or False.Hal ini dapat dilihat dari : 1) Kektifan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada prasiklus 11,11%, siklus I 50%, siklus II 83,33%, 2) Keaktifan siswa menjawab pertanyaan prasiklus 33,88 %, siklus I 83,33%, siklus II 100%, 3) Keaktifan siswa mengemukakan alasan sebelum tindakan 22,22 %, siklus I 55,55%, siklus II 83,33 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran True or False dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan siswa; True or False; Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2013 09:31 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25252 |
Actions (login required)
View Item |