Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi Tahun 2012/2013

Setiyawan, Riza Beny and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.halaman_depan.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.Daftar_pustaka.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9.Naskah_Publikasi.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran True or False pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sine yang berjumlah 18 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Objek pelaksanaan tindakan adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan strategi True or False. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif, dengan menggunakan metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya sebuah penigkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran True or False.Hal ini dapat dilihat dari : 1) Kektifan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada prasiklus 11,11%, siklus I 50%, siklus II 83,33%, 2) Keaktifan siswa menjawab pertanyaan prasiklus 33,88 %, siklus I 83,33%, siklus II 100%, 3) Keaktifan siswa mengemukakan alasan sebelum tindakan 22,22 %, siklus I 55,55%, siklus II 83,33 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran True or False dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa; True or False; Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2013 09:31
Last Modified: 01 Nov 2021 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item