Ariani, Deasy and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Berhitung Melalui Penggunaan Media Batang Napier Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 03 Rejosari Kudus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (773kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berhitung melalui penggunaan media batang napier dalam pembelajaran matematika kelas IV SDN 03Rejosari Kudus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Rejosari yang berjumlah 12 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keterampilan berhitungmelalui penggunaan media batang napier pembelajaran matematika yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, keterampilan berhitung siswa, siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM. Indikator kesiapan siswa meningkat dari siklus I 75% menjadi 83,33% di siklus II. Indikator antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dari siklus I 66,67% menjadi 75% di siklus II. Indikator keterampilan berhitung siswa dari siklus I 66,67% menjadi 83,33% di siklus II. Sedangkan indikator siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM di siklus I 58,33% menjadi 83,33% di siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, keterampilan, media, batang napier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2013 09:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 09:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25250 |
Actions (login required)
View Item |