Utomo, Priyo and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Studi Komparasi Hasil Belajar PKn Antara Pembelajaran Dengan Strategi Think Pair Share Dan Problem Based Introduction Siswa Kelas IV SD Negeri Soco 04 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (371kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf Download (456kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan hasil belajar PKn antara pembelajaran dengan strategi Think Pair Share dan Problem Based Introduction siswa kelas IV SD Negeri Soco 04 Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment untuk uji validitas, teknik KR-20 untuk uji reliabilitas instrumen, metode Lilliefors untuk uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan 22 soal valid untuk strategi Problem Based Introduction, dan 22 soal valid untuk strategi Think Pair Share dari total 35 butir soal yang disusun, dengan kriteria rhitung > rtabel (rhitung >0,381), dan diperoleh nilai koefisien reliabilitas KR-20 untuk X1 (strategi PBI) adalah sebesar 0,515 dan untuk X2 (strategi TPS) yaitu 0,0635. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 0,581 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,565. Oleh karena nilai probabilitas signifikansinya lebih besar dari nilai taraf signifikansi, yaitu 0,565> 0,05 Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Introduction dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share yaitu 71,95 ˃ 69,37. Artinya strategi Problem Based Introduction memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar PKn dibandingkan dengan strategi Think Pair Share.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar PKn, Strategi Think Pair Share, Strategi Problem Based Introduction. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2013 07:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 12:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25246 |
Actions (login required)
View Item |