Nur, Alfina Ulin and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Mengarang Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Teks Wawancara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (292kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pusta)
Daftar_Pustaka.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa melalui media Teks Wawancara pada pelajaran Bahasa Indonesia yang berdampak pada hasil karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki – laki, dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat kualitatif meliputi tiga unsur yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat mengarang siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia yang berdampak pada hasil karangan siswa. Peningkatan minat tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu merasa senang dalam menerima pelajaran, ikut berpartisipasi (memberikan tanggapan) , kemauan atau keinginan siswa dalam mengarang. Merasa senang dalam menerima pelajaran pada pra siklus sebanyak 36,296%, Siklus I sebesar 71,85 %, dan Siklus II sebesar 85,93 %. ikut berpartisipasi (memberikan tanggapan) yaitu pada pra siklus sebesar 49,63%. Siklus I sebesar 67, 41%, dan Siklus II sebanyak 22 siswa atau sebesar 80,74%. Kemauan atau keinginan siswa dalam mengarang yaitu pada pra siklus sebesar 54,81%, Siklus I sebesar 67,41%, dan Siklus II sebesar 79,26%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran Teks Wawanvara dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kuripan 1 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Teks Wawancara, kemampuan mengarang narasi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia yang berdampak pada hasil karangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2013 07:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25245 |
Actions (login required)
View Item |