Penggunaan Metode The Learning Cell Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Jrakah II Kecamatan Selo Kabupaten Boyolalitahun Ajaran 2012/2013

Tyas, Ambar Wahyuning (2013) Penggunaan Metode The Learning Cell Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Jrakah II Kecamatan Selo Kabupaten Boyolalitahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (533kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui metode the learning cell pada siswa kelas IV SD Negeri Jrakah II Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masng siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai pelaku tindakan dan siswa kelas IV SD Negeri Jrakah II selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilkukan, diperoleh hasil penelitian pada pra siklus motivasi belajar sebesar 41,22%. Kemudian setelah diterapkan dengan menggunakan metode the learning cell pada siklus I Motivasi belajar meningkat sebesar 64,03 dan pada siklus II sebesar 82,45%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode the learning cell dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Jrakah II Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, The learning cell, motivasi, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2013 06:44
Last Modified: 19 Aug 2013 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25244

Actions (login required)

View Item View Item