Siddiq, Abdullah Wahhab and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Lemahbang Glonggong Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (560kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_(SATU).pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_(DUA).pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_(TIGA).pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_(EMPAT).pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_(LIMA).pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (412kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V MI Muhammadiyah Lemahbang Glonggong Nogosari Boyolali dalam pembelajaran IPA serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Lemahbang Glonggong Nogosari Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran IPA kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Obyek penelitian adalah tentang keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, test, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Lemahbang Glonggong Nogosari Boyolali dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray). Peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat dari meningkatnya keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran, yaitu: 1) keaktifan siswa dalam bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 31,82%, pada siklus II meningkat menjadi 77,27%, 2) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 40,91%, pada siklus II meningkat menjadi 86,36%, 3) keaktifan siswa dalam menanggapi jawaban atau pendapat dari guru maupun siswa lain sebelum tindakan sebesar 45,45%, pada siklus II meningkat menjadi 81,82%. Sedangkan hasil tes evaluasi kognitif siswa sebelum diadakan tindakan siswa yang tuntas sebesar 13,63%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA sekaligus berdampak pada peningkatan hasil tes evaluasi kognitif siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Muhammadiyah Lemahbang Glonggong Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, TS-TS (Two Stay Two Stray) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 09:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25243 |
Actions (login required)
View Item |