Suryani, Suryani and , Drs.Suwarno, S.H.,M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Strategi Example Non Examples Pada Siswa Kelas IV SD N II Setrorejo Tahun Ajaran 2012/2013 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN II Setrorejo yang berjumlah 20 siswa, serta obyek penelitan ini adalah mata pelajaran bahasa indonesia dengan materi menulis karangan deskripsi yang akan diajarkan melalui strategi example non examples. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan yaitu : 1) keterampilan menulis karangan deskripsi yang meliputi: a) keterampilan menulis isi karangan sebanyak 6 siswa (30%),14 siswa (70%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. b) keterampilan mengorganisasikan karangan 7 siswa (35%), 13 siswa (65%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. c) keterampilan penggunaan bahasa 8 siswa (40%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keterampilan penggunaan bahasa 6 siswa (30%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keterampilan penggunaan ejaan 5 siswa (25%), 15 siswa (75%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang di atas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 14 siswa (70%) pada siklus I, dan 18 siswa (90%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran bahasa indonesia melalui strategi Example Non Examples dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Example Non Examples, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 09:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25242 |
Actions (login required)
View Item |