Nugroho, Kusindarto Setyo and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Menghafal Kosakata Melalui Strategi Word Square Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang I Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (225kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA..pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (111kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata melalui strategi word square pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang I Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti sebagai pelaku tindakan.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan.Masing-masing siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pajang I selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pada saat pra siklus prosentase jumlah siswa memperoleh nilai tuntas dalam kemampuananya menghafal kosakata sebesar 32,60 % .Kemudian setelah diterapkankannya strategi word square pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mengalami peningkatan kemampuannya atau tuntas meningkat sebesar 73,90 % dan dilanjutkan pada tindakan siklus II jumlah siswa yang mengalami peningkatan kemampuannya atau tuntas meningkat lagi sebesar 93,50 %. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi word square dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang I tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menghafal kosakata, strategi word square. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 08:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25240 |
Actions (login required)
View Item |