Setyowati, Lina and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Penggunaan Interactive Handout Berbasis Open Ended pada Pembelajaran Himpunan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Negeri 3Tasikmadu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (689kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (725kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika bagi siswa SMP Negeri 3 Tasikmadu kelas VIIC semester genap tahun ajaran 2012/2013 melalui penggunaan interactive handout berbasis open-ended. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan aktivitas belajar pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) Mengajukan Pertanyaan meningkat yaitu sebelum tindakan 14,28 %, putaran I 22,85%, dan putaran II 28,57% 2) menjawab pertanyaan meningkat yaitu sebelum tindakan 25,71%, pada putaran I 40%, putaran II 89,28%, 3) menyampaikan ide / gagasan meningkat yaitu sebelum tindakan 17,14%, putaran I 28,57%, putaran II 68,87%, 4) mempresentasikan/mengerjakan soal ke depan kelas meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 25,71%, putaran I 45,71%, putaran II 60%, 5) mengerjakn PR sebelum dilakukan tindakan 57,14%, putaran I 74,28%, putaran II 85,71% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 48,57%, putaran I 71,42% dan putaran II 82,85%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penggunaan interactive handout berbasis open-ended dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, open-ended,interactive handout |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 07:09 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25196 |
Actions (login required)
View Item |