Aulia, Ikhra and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Disertai Stategi Bermain Jawaban Pada Siswa SMP Kelas VII Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (441kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (289kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPIT Nur Hidayah Surakarta melalui penerapan Strategi Numbered Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Nurhidayah Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan persentasenya sebesar 31%. Sedangkan dari hasil penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban pada siklus I persentase keaktifan siswa meningkat sebesar 59%, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83%. Kemudian untuk data hasil belajar siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan persentasenya sebesar 21%. Sedangkan dari hasil penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban pada siklus I persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 66%, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada siswa kelas VIIC SMPIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | numbered heads together, bermain jawaban, keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2013 10:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25131 |
Actions (login required)
View Item |