Persepsi Siswa Tentang Variasi Mengajar Guru Dan Kreatifitas Guru Dalam Pemilihan Media Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMA N 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Hidayah, Nurul and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Persepsi Siswa Tentang Variasi Mengajar Guru Dan Kreatifitas Guru Dalam Pemilihan Media Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMA N 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen. 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pemilihan media terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen. 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan kreativitas guru dalam pemilihan media terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA N 1 Kayen Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 140 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 100 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 66,917 + 0, 237 X1 + 0, 127 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh variasi mengajar guru dan kreativitas guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,698 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,010 dengan sumbangan efektif sebesar 27,2%. 2) “ Ada pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pemilihan media terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,117 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,029 dengan sumbangan efektif sebesar 10,6%. 3) “ Ada pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan kreativitas guru dalam pemilihan media terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Kayen ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,242 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,378 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan kreativitas guru dalam pemilihan media.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: variasi mengajar guru, keativitas guru, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 08:16
Last Modified: 30 Oct 2021 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25125

Actions (login required)

View Item View Item