Sari, Rostiana Ambar and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 02 Kaliwungu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf Download (565kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_Lampiran_-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10_Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah kelas VII A SMP N 2 Kaliwungu yang berjumlah 29 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 Kaliwugu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada materi persegi dan persegi panjang. Hal tersebut terlihat 1) siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain sebelum dilakukan tindakan 13,79% dan setelah tindakan menjadi 75,86%. 2) siswa aktif dalam berdiskusi sebelum dilakukan tindakan 6,89% dan setelah tindakan menjadi 68,96%. 3) siswa yang aktif menulis sebelum dilakukan tindakan 24,13% dan setelah tindakan menjadi 86,20%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 06:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25079 |
Actions (login required)
View Item |