Yulianingtyastuti, Dwi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (664kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_publikasi.pdf Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Student Teams-Achievement Division(STAD) dengan pendekatan Realistic Mathemathetics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 33. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) %, 2) siswa mampu memberi contoh dan non-contoh dari konsep %, 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu %, 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah %. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan strategi Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan pendekatan Realistic Mathemathetics Education (RME) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, RME, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 06:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25075 |
Actions (login required)
View Item |