Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V Inklusi Sd Lazuardi Kamila Surakarta: Studi Kasus

Fithriyah, Anisatun and , Prof.Dr. Abdul Ngalim,M.M.,M.Hum (2013) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V Inklusi Sd Lazuardi Kamila Surakarta: Studi Kasus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskup.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Kata_pengantar.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (lampiran)
lampiran_baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. 1) Memaparkan strategi pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas inklusi. 2) Memaparkan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas inklusi. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan studi kasus observasi. Informan adalah kepala sekolah, terapis dan guru mata pelajaran. Data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan teknik sadap. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Ada 2 hal yang dihasilkan dari tujuan penelitian. 1) Strategi pembelajaran siswa inklusi dengan guru diantaranya adalah siswa belajar bersama guru pendamping khusus di dalam pembelajaran dan strategi yang digunakan strategi inovatif seperti strategi kontekstual, PAIKEM dan kooperatif. 2) Strategi pembelajaran siswa inklusi dengan siswa regular dalam pembelajaran bahasa Indonesia berjalan dengan baik. Siswa inklusi belajar bersama siswa regular dalam satu kelas, siswa inklusi dan siswa regular membentuk kelompok belajar untuk menyelesaikan tugas, dan tidak ada kesenjangan dalam berinteraksi antara siswa inklusi dengan siswa regular.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, siswa inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Jul 2013 11:29
Last Modified: 28 Oct 2021 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item