Fithriyah, Anisatun and , Prof.Dr. Abdul Ngalim,M.M.,M.Hum (2013) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V Inklusi Sd Lazuardi Kamila Surakarta: Studi Kasus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskup.pdf Download (395kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Kata_pengantar.pdf Download (434kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (114kB) |
|
PDF (lampiran)
lampiran_baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan. 1) Memaparkan strategi pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas inklusi. 2) Memaparkan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas inklusi. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan studi kasus observasi. Informan adalah kepala sekolah, terapis dan guru mata pelajaran. Data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan teknik sadap. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Ada 2 hal yang dihasilkan dari tujuan penelitian. 1) Strategi pembelajaran siswa inklusi dengan guru diantaranya adalah siswa belajar bersama guru pendamping khusus di dalam pembelajaran dan strategi yang digunakan strategi inovatif seperti strategi kontekstual, PAIKEM dan kooperatif. 2) Strategi pembelajaran siswa inklusi dengan siswa regular dalam pembelajaran bahasa Indonesia berjalan dengan baik. Siswa inklusi belajar bersama siswa regular dalam satu kelas, siswa inklusi dan siswa regular membentuk kelompok belajar untuk menyelesaikan tugas, dan tidak ada kesenjangan dalam berinteraksi antara siswa inklusi dengan siswa regular.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, siswa inklusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 11:29 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25052 |
Actions (login required)
View Item |