Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012

Dianawati, Susi and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and -, Dr.Darsinah, M.Si (2013) Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (542kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. 3) Pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012 yang berjumlah 154 siswa dengan sampel sebanyak 105 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dan metode dokumentasi yang telah diuji cobakan dengan uji normalitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 21,406 + 0,760X1 + 0,856X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kreativitas dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kreativitas belajar sebesar 3,522 sehingga thitung > ttabel atau 3,522>1,983 dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 3,640 sehingga thitung > ttabel atau 3,640>1,983 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) kreativitas dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pretasi belajar dasar akuntansi keuangan 1 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 31,400>Ftabel 3,086 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.381, berarti 38,1% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kreativitas dan motivasi belajar, sisanya sebesar 61,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 10:35
Last Modified: 29 Oct 2021 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item