Yuniarsari, Ainindhyta and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Complete Sentence Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Mejobo-Mejobo-Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_Halaman_Depan.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_Bab_I.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7_Daftar_Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Lampiran)
8_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9_Naskah_Publikasi.pdf Download (507kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan strategi pembelajaran Complete Sentence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di dalam kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Mejobo Kudus pada tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri atas tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi utama yaitu melanjutkan teks cerita rumpang. Hal ini dapat dilihat dari prosentase keterampilan berbicara siswa yang dilihat dari tiga aspek yaitu relevansi dan kejelasan isi pesan, kejelasan dan kerapian pengorganisasian isi, serta penggunaan bahasa yang baik dan benar, sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33%, kemudian siklus I meningkat menjadi 56,67 %, dan sampai pada tindakan terakhir siklus II mencapai 83,33 %, sehingga indikator pencapaian sebesar 75 % dapat tercapai. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, Strategi Pembelajaran Complete Sentence |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 08:27 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25020 |
Actions (login required)
View Item |