Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi 3 Blimbing Tahun Ajaran 2012/2013

Pramusinto, Rohmadi Wiyogo and , Drs. M Djaelani, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi 3 Blimbing Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (232kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis awal anak kelompok A di TK Pertiwi 3 Blimbing, Sambirejo, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi 3 Blimbing sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, refleksi. Data kemampuan menulis awal anak dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian sebelum tindakan skor kemampuan menulis awal memperoleh hasil tuntas sebesar 26,6% atau sebanyak 4 anak, siklus I mencapai 53,3% atau sebanyak 8 anak, dan siklus II 80% atau sebanyak 12 anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak di TK Pertiwi 3 Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Finger Painting, Kemampuan Menulis Awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 07:56
Last Modified: 25 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item