Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams–Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Delingan Tahun 2012/2013

Rosidah, Siti and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams–Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Delingan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams– Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SDN Kecamatan Karanganyar tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Delingan Kecamatan Karanganyar. Siswa yang dijadikan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Delingan, yang terdiri dari 22 siswa yaitu 6 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Guru kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah Sumartini, S.Pd yang merupakan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang berkaitan dengan ketuntasan belajar dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 70 dalam proses pembelajaran PKn melalui penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD yaitu, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 41% atau sebanyak 9 siswa, pada pelaksanaan siklus I sebesar 65% atau sebanyak 14 siswa, dan pelaksanaan siklus II sebesar 88% atau sebanyak 19 siswa. Berdasarkan hasil perolehan tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II sebesar 47% atau sebanyak 10 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: penerapkan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 03 Delingan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative, Learning, tipe, STAD, hasil, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:44
Last Modified: 25 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25002

Actions (login required)

View Item View Item