Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karang Anyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sunarsi, Sunarsi and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karang Anyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV SD Negeri 01 JantiharjoKaranganayar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Jantiharjo Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa tersebut adalah 40 siswa terdiri dari 20 siswa putrid dan 20 siswa putra. Penelitian mengambil materi mengenal keragaman kenampakan alam menggunakan peta pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dengan observasi, test, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran talking stick terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajara Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 24 meningkat menjadi 25 atau sekitar 4,1%, pada siklus II menjadi 31 atau sekitar 10,71% dan pada siklus III meningkat menjadi 36 atau sekitar 16,12%. 2) Penerapan model pembelajaran talking stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I hasil belajar siswa yang semula nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 77,5 meningkat menjadi 78,5 atau sekitar 1,27%, pada siklus II meningkat menjadi 81,4 atau sekitar 3,56%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87 atau sekitar 6,43%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:28
Last Modified: 25 Oct 2021 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item