Prastikaningsih, Esti and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Kubus Dan Balok Dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (340kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percayaan diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari tahun pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan percaya diri siswa dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok dengan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan percayaan diri siswa melalui indikator-indikator, yaitu: (1) Percaya diri dalam mengajukan pertanyaan sebelum putaran 11,11%, dan setelah putaran III 55,56%. (2) Percaya diri dalam memecahkan soal individu tanpa bantuan teman yang lain sebelum putaran 38,89%, dan setelah putaran III 77,78%. (3) Percaya diri dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum putaran 8,33%, dan setelah putaran III 50,00%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | percaya diri, Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24995 |
Actions (login required)
View Item |