Konflik Batin Tokoh Ibu Dalam Naskah Drama Titik-Titik Hitam Karya Nasyah Djamin: Tinjauan Psikologi Sastra Dan mplementasinya Sebagai Bahan Ajar Studi Di SMA

Hastuti, Rini and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Konflik Batin Tokoh Ibu Dalam Naskah Drama Titik-Titik Hitam Karya Nasyah Djamin: Tinjauan Psikologi Sastra Dan mplementasinya Sebagai Bahan Ajar Studi Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_Halaman_Judul.pdf

Download (673kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_Naskah_Publikasi.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan struktur yang membangun naskah drama Titik-Titik Hitam karya Nasyah Djamin; 2. Mendeskripsikan konflik batin yang terjadi pada tokoh utama Ibu dalam naskah drama Titik-Titik Hitam karya Nasyah Djamin ditinjau dari psikologi sastra; 3. Mengimplementasikan konflik batin dalam naskah drama Titik-Titik Hitam karya Nasyah Djamin sebagai bahan ajar studi di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus terpancang. Subjek dalam penelitian ini adalah naskah drama Titik-Titik Hitam karya Nasyah Djamin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian dari segi struktur yang membangun: 1. Tema yaitu penghianatan cinta yang berujung penderitaan; 2. Alurnya adalah alur maju (progresif); 3. Latar mengambil latar tempat, waktu, dan sosial yaitu pada malam hari di suatu rumah daerah Sumatera Utara, dan latar sosialnya adalah bahwa keluarga Ibu adalah keluarga yang kaya dan terhormat di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalnya; 4. Penokohan terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan, menurut fungsinya yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis, berdasarkan perwatakannya yaitu tokoh bulat dan tokoh sederhana, Karakteristik masing-masing tokoh berdasarkan tiga aspek, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Hasil analisis konflik batin menunjukkan bahwa tokoh Ibu mengalami tiga jenis konflik batin yaitu: konflik angguk-angguk (appoarch-appoarch conflict), konflik geleng-angguk (approach-avoidance conflict), dan konflik geleng-geleng (avoidance- avoidance conflict). Hasil analisis dapat diimplementasikan pada siswa di kelas XII semester 2 (genap) dengan standar kompetensi: 13. Memahami pembacaan teks drama dan kompetensi dasar: 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pada naskah drama Titik-Titik Hitam karya Nasyah Djamin ditemukan tiga nilai dalam konflik batin tokoh Ibu yang dapat diteladani oleh peserta didik, yaitu kebijaksanaan, kejujuran dan kesabaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konflik Batin Tokoh Ibu, Naskah Drama Titik-Titik Hitam, Psikologi Sastra, Pembelajaran Sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:50
Last Modified: 02 Nov 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item View Item