Sugiarti, Iin and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. (2013) Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Teknik Modelling Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Mangunrejo, Purwodadi Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (603kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (661kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran matematika melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Modelling. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Mangunrejo yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam pembelajaran dengan indikator 1) siswa aktif dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,64% meningkat menjadi 71,43% pada akhir tindakan, 2) siswa aktif dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 13,64% meningkat menjadi 76,19% pada akhir tindakan, 3) siswa mampu mengerjakan soal didepan kelas atau mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 18,18% meningkat menjadi 76,19% pada akhir tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Modelling dapat meningkatkan keaktifan matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, Contextual Teaching and Learning (CTL), teknik Modelling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 10:22 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24988 |
Actions (login required)
View Item |