Warsini,, Sri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 02 Delingan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (157kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (234kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (383kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (Bab IIi)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi Talking Stick pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Delingan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 32, putri 20, putra 12. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 7 siswa (22%) menjadi 30 siswa (94%) yang menyatakan pendapat. Dari 7 siswa (22%) sampai menjadi 26 siswa (81%) yang aktif bertanya. Dari 9 siswa (28%) sampai menjadi 28 siswa (87%) yang aktif diskusi. Dari 9 siswa (28%) sampai menjadi 26 siswa (81%) yang mendengarkan penjelasan. Dari 11 siswa (34%) sampai menjadi 28 siswa (87%) yang menjawab pertanyaan. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa yang tuntas hasil belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 8 siswa (25%) sampai pada siklus II pertemuan kedua menjadi sebanyak 29 siswa (91%). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: penerapan strategi pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 02 Delingan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | talking, stick, aktivitas, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2013 06:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24958 |
Actions (login required)
View Item |