Peningkatan Aktivitas Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 02 Delingan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Warsini,, Sri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 02 Delingan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (383kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab IIi)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi Talking Stick pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Delingan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 32, putri 20, putra 12. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 7 siswa (22%) menjadi 30 siswa (94%) yang menyatakan pendapat. Dari 7 siswa (22%) sampai menjadi 26 siswa (81%) yang aktif bertanya. Dari 9 siswa (28%) sampai menjadi 28 siswa (87%) yang aktif diskusi. Dari 9 siswa (28%) sampai menjadi 26 siswa (81%) yang mendengarkan penjelasan. Dari 11 siswa (34%) sampai menjadi 28 siswa (87%) yang menjawab pertanyaan. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa yang tuntas hasil belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 8 siswa (25%) sampai pada siklus II pertemuan kedua menjadi sebanyak 29 siswa (91%). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: penerapan strategi pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 02 Delingan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: talking, stick, aktivitas, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 06:14
Last Modified: 25 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item