Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Homeschooling (Studi Kasus di Homeschooling Kak Seto Surakarta Tahun 2012)

Widiananta, Wahyu and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Homeschooling (Studi Kasus di Homeschooling Kak Seto Surakarta Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan metode homeschooling dan mengetahui hubungan homeschooling dengan sekolah-sekolah formal yang terkait serta mengetahui proses mendapatkan pengakuan pemerintah dalam hal kelulusan atau ijazah bagi siswa homeschooling . Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif, yang hasilnya data deskriptif tentang implementasi pendidikan karakter melalui metode Homeschooling. Hasil analisis berupa pola pendidikan karakter di sekolah dengan metode homeschooling Kak Seto adalah jujur, disiplin, percaya diri, peduli, mandiri, kreatifitas, bertanggung jawab, dan bersikap kritis. Pola pendidikan karakter di homeschooling Kak Seto Surakarta menerapkan dengan memilih materi yang disesuaikan dengan keseharian si anak karena anak belum tentu bisa mengikuti materi yang diberikan sehingga terbentuk kesadaran anak tentang nilai-nilai dalam bertingkah laku di dalam maupun di luar kelas. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan metode homeschooling Kak Seto yaitu dengan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan karakter standard budaya, life skill, teori langsung praktek, karakter kembali ke siswa, tutor membantu untuk mengembangkan. Hubungan homeschooling dengan sekolah formal adalah homeschooling berdiri sendiri sebagai sekolah non formal, keduanya memiliki persamaan yaitu menghantarkan anak mewujudkan pendidikan yang diinginkan, sedangkan perbedaannya antara lain pendidikan formal berdasarkan standarisasi dan homeschooling mengedepankan kepentingan anak; pendidikan formal pengelolaan terpusat dan homeschooling melibatkan orang tua dalam pengelolaan. Pengakuan pemerintah terhadap ijazah yaitu homeschooling akan mendapatkan ijazah kesetaraan yang dikeluarkan oleh KEMDIKNAS seperti; paket A setara SD, paket B setara SMP, paket C setara SMU.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Homeschooling, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 18 Jul 2013 11:44
Last Modified: 26 Oct 2021 00:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24937

Actions (login required)

View Item View Item