Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Balok Pada Kelas B1 Kelompok Bermain Bina Putra Husada Kemudo Prambanan Klaten Tahun 2012-2013

Helmasari, Irza and , Dr Hj. Darsinah, SE.M.Si (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Balok Pada Kelas B1 Kelompok Bermain Bina Putra Husada Kemudo Prambanan Klaten Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain balok pada kelas B1 KB Bina Putra Husada Kemudo Prambanan Klaten Tahun 2012-2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, mengambil subjek anak kelas B1 KB Bina Putra Husada Kemudo Prambanan Klaten, pada semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan sejumlah anak 25 orang anak, yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Data kemampuan kognitif anak dikumpulkan melalui observasi. Data pembelajaran dengan barmain balok dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data Kemampuan kognitif anak dianalisis dengan analisis komparatif pada setiap siklus yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Data pembelajaran dengan bermain balok dihitung dengan hasil analisis data, yang menunjukan bahwa terjadi pengembangan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain balok. Hal ini dapat diketahui pengembangan pada siklus I 71,25% dan siklus II 94,37%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bermain balok dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bermain balok, kemampuan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:55
Last Modified: 29 Oct 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24933

Actions (login required)

View Item View Item