Widarningsih, Tri and , Dr. Darsinah, S.E, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika – Matematika Anak Melalui Permainan Flashcard Dan Dotcard Pada Anak Kelompok B RA Islam Irmas Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak melalui permainan Flashcard dan Dotcard pada anak kelompok B RA Islam IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 RA Islam IRMAS Sukoharjo. Data penelitian adalah kecerdasan logika-matematika anak dan data kegiatan pembelajaran dengan penerapan permainan Flashcard dan Dotcard. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pedoman observasi digunakan untuk observasi kecerdasan logika-matematika anak dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru, sedangkan pedoman wawancara dan pedoman catatan lapangan digunakan sebagai pendukung. Analisis data menggunakan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil amatan kecerdasan logika-matematika anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus, sedangkan untuk hasil amatan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan permainan Flashcard dan Dotcard dilakukan analisis interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan logika-matematika anak sebelum tindakan 58,53%, meningkat pada siklus I menjadi 75,40%, dan pada siklus II mencapai 88,49%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa “melalui permainan Flashcard dan Dotcard dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B RA Islam IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Logika-Matematika, Permainan Flashcard dan Dotcard |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 09:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24922 |
Actions (login required)
View Item |