Retnowati, Aprilia and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams–Achievement Division (STAD) (PTK Pada Standar Kompetensi Memahami Konsep Segiempat dan Segitiga serta Menentukan Ukurannya Kelas VII D SMP Negeri 3 Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (529kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Delanggu yang berjumlah 34. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) siswa aktif mengajukan pertanyaan 74,19%, 2) siswa aktif menjawab pertanyaan 83,87%, 3) siswa aktif mengerjakan tugas dan berani maju di depan kelas 83,87%, 4)siswa berani menyanggah atau menyetujui ide teman 77,42%, 5) siswa mampu menjawab soal dengan benar 90,32%, 6) siswa mampu memberikan tanggapan jawaban siswa lain dengan benar 77,42%, 7) siswa mampu membuat kesimpulan 90,32%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan siswa, Pemahaman Konsep matematika, Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 06:49 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24902 |
Actions (login required)
View Item |