Sulistyaningrum, Crisna Ajeng and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Aktif Card Sort (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Boyolali Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (620kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (630kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif Card Sort. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika SMP Negeri 4 Boyolali. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Boyolali melalui strategi pembelajaran aktif Card Sort. Adapun hasil penelitian keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 16,66% setelah tindakan 77,77%. b) mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan sebelum tindakan 22,22% setelah tindakan menjadi 69,44%. c) mengerjakan tugas dan berani maju didepan kelas sebelum tindakan 19,44% setelah tindakan menjadi 66,66%. d) menyanggah atau menyetujui siswa yang lain sebelum tindakan 11,11% setelah tindakan 61,11%. Adapun hasil penelitian hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator: siswa yang mendapat nilai ≥ KKM sebelum tindakan 41,66% setelah tindakan menjadi 86,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajar aktif Card Sort telah terbukti dapat meningkatkan upaya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, strategi pembelajaran aktif Card Sort. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 06:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24899 |
Actions (login required)
View Item |