Murningsih, Sutri and , Dr. Darsinah, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian anak khususnya melalui metode bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok B di TK PERTIWI II KALIWULUH. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data penelitian ini terdiri data Perhatian anak dan Pembelajaran guru dengan boneka tangan. Data perhatian anak dinalisis dengan menggunakan analisis komparatif, yaitu membandingkan prosentase skor dengan indikator pencapaian. Sedangkan data pembelajaran guru dengan boneka tangan dengan analisis interaktif untuk data pembelajaran meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan perhatian anak, terbukti dari hasil penelitian tiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebelum dilakukan tindakan rata-rata kelas mencapai 40.20%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 sebesar 83.00%, dan siklus II sebesar 96.69%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan perhatian anak pada anak kelompok B di TK PERTIWI II Kaliwuluh Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bercerita, perhatian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 11:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24890 |
Actions (login required)
View Item |